Kaiseki, Menu Lengkap ala Jepang





[imagetag]




Hai sobat Gilapc semua?! Kali ini akan membahas tentang hidangan unik ala Negeri Sakura. Sudah pernahkah kalian mencicipi hidangan Jepang? Apa hidangan yang paling kalian suka? Sushi, takoyaki, onigiri, atau sup miso?



Hidangan dari Negara Jepang terkenal memiliki rasa yang unik. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya perpaduan berbagai masakan dan makanan dari berbagai Negara. Keunikan itulah yang membuat hidangan Jepang mudah diterima dan digemari oleh semua orang di seluruh pelosok dunia, termasuk di Indonesia.



Biasanya, menu hidangan Jepang disajikan secara bersamaan (sekaligus), berbeda halnya dengan hidangan ala Barat yang menyajikan masakannya secara bertah ap, mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Tapi ternyata ada juga lho menu hidangan Jepang yang disajikan secara bertahap seperti hidangan Barat. Menu hidangan ini disebut kaiseki. Tidak tanggungtanggung, ada delapan hidangan yang akan disajikan bertahap dalam menu ini!



Hidangan yang pertama kali disajikan berupa hidangan pembuka. Hidangan pembuka ini terdiri dari sup dan sashimi, kemudian nimono atau hidangan yang direbus. Setelah itu, masih ada lagi yakimono atau hidangan yang dibakar dan agemono atau hidangan yang digoreng seperti tempura.  Untuk hidangan utama berupa lauk dan nasi. Kemudian yang terakhir adalah hidangan penutup berupa es krim atau buah.









[i   magetag]




[imagetag]






Di Jakarta, ada beberapa restoran Jepang yang menyajikan menu hidangan ini, antara lain Restoran

Kyoka, Sekitei, Nadaman

, dan

Nishimura. Di Restoran Nishimura yang terletak di Shangri-La Jakarta misalnya, menyediakan beberapa pilihan untuk set menu kaiseki. Chef Hideki Chomei, sang kepala restoran, memang memiliki spesialisasi di hidangan-hidangan kaiseki. Dengan begitu, konsumen bisa memilih menu sesuai dengan favorit masingmasing.



Untuk para penggemar ikan, bisa memilih olahan ikan gindara yaitu Gindara Teriyaki Zen. Ikan gindara dipanggang dengan siraman saus teriyaki. Hasilnya adalah saus yang gurih manis berpadu dengan tekstur ika n gindara yang halus. Sangat cocok sebagai lauk dari nasi.



Penggemar sushi, bisa pilih Sushi Moriawase Zen yang isinya adalah aneka sushi roll. Namun, bila tak terlalu doyan ikan, maka pilihan jatuh pada Gyu Shogayaki Zen. Daging sapi diiris tipis lalu dimasak dengan saus manis dengan jahe.





[imagetag]




Karena kaiseki, maka semua menu ini sudah termasuk hidangan pembuka, salad, chawan mushi dari olahan telur yang dikukus, sashimi atau ikan mentah berupa tuna dan salmon, nasi, acar, sup miso, dan es krim. 

Diah Apriani, seorang mahasiwsa Bahasa dan Sastra Jepang di Unas pernah melakukan penelitian tentang

minat masyarakat Jakarta



terhadap hidangan kaiseki

di tiga restoran Jepang di Jakarta, yaitu Restoran

Kyoka, Sekitei, dan Nadaman

.

Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa persentase minat

masyarakat cukup besar

, baik terhadap rasa, ben

tuk penyajiannya yang indah, dan

harganya yang mahal, yang dapat mengangkat nilai sosial bagi konsumennya.



kompas.com

658910


Post Title : Kaiseki, Menu Lengkap ala Jepang

Kaiseki, Menu Lengkap ala Jepang,

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Koleksi Video Lucu