[ide Kreatif] Kejuaraan Cross sambil Angkut Padi

PINRANG, KOMPAS.com - Dari kejauhan, terlihat seperti seorang pebalab motor cross. Demikian sekilas penampilan pa tassi atau pengangkut gabah ala Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, yang mana motor tua didesain berbentuk motor trail.
Spoiler for gamber:


Pa tassi adalah seorang tukang angkut gabah dari sawah ke mobil pengangkut, menggunakan motor tua yang dimodifikasi sehingga mirip motor trail, dan mampu mengangkut sekitar 2 hingga 3 karung gabah, yang beratnya rata-rata 100 Kg per karung.

Mereka melawati area persawahan yang luas. Tanah sawah yang becek, gundukan tanah, bahkan pematang sawah yang hanya bisa dilalui sepeda, merupakan lintasan yang harus dilalui demi upah Rp 5.000 per karung.

"Pa tassi ini ramai jikalau musim panen telah tiba di Kabupaten Pinrang. Saya mampu mengangkut sekitar 100 karung dalam sehari, atau bisa mendapatkan upah sekitar 500.000 per hari," ujar Lamba, seorang pa tassi di Desa Alitta, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Sabtu (17/11/2012).

Karena terlihat sangat menarik, Kapolres Pinrang AKBP Heri Tri Maryadi akan mengadakan kejuaraan Kapolres Cup, untuk memperlombakan balap tassi ini. "Rencananya akan dilaksanakan di Alitta kecamatan Mat tiro Bulu, bulan depan," kata Heri.

"Kenapa kita akan mengadakan balap motor tassi?. Selain unik, juga akan menjadikan sebagai ajang olahraga, apalagi sekarang ini banyak anak muda yang melakukan balap liar di jalanan. Saya mengajak kepada para hobbi motor, mari ramaikan balap ini," tambah Heri.

Dia melanjutkan, selain adu cepat, pihaknya juga akan membuka kelas adu tangkas, yakni lomba balap tassi yang mengangkut gabah terbanyak. Jadi, siapa yang mengangkut gabah terbanyak yang disediakan panitia, dia yang juara.
sumber
Post Title : [ide Kreatif] Kejuaraan Cross sambil Angkut Padi

[ide Kreatif] Kejuaraan Cross sambil Angkut Padi,